Yesus adalah nama dari Roh Kudus dan ketiga pribadi Tritunggal

imageTritunggal merupakan misteri ilahi yang sangat dalam untuk bisa dimengerti oleh umat manusia. Kebesaran dan keagungan Allah pencipta sungguh tidak akan sanggup dimengerti oleh manusia ciptaannya secara sempurna. Namun, Allah telah memberikan sebuah buku petunjuk yang sangat tak ternilai harganya yang sanggup memberitahukan kepada manusia apa yang bisa dipahami tentang Dia. Alkitab adalah buku sumber yang paling tepat bagi umat manusia untuk mengenal Allah dan segala misterinya. Satu hal tentang tritunggal juga telah menambah kekayaan perbendaharaan rohani saya ketika saya menemukan ayat-ayat eksplisit yang menyebutkan nama Anak, Bapa, dan Roh Kudus adalah Yesus.

Hal ini telah membuat saya semakin mengerti mengapa di dalam amanat agung (Mat. 28:19) disebutkan supaya membaptis orang percaya dalam satu nama. “…dan baptislah mereka dalam nama (to onoma = satu nama) Bapa dan Anak dan Roh Kudus.” Nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah sama, yaitu Yesus.

Berikut ini ayat-ayat eksplisit yang meneguhkan kesimpulan tersebut.

1. YESUS adalah nama Allah Bapa

Di dalam Yohanes 17:6,12, Yesus menegaskan dalam doa-Nya bahwa Ia telah menyatakan nama Allah Bapa kepada manusia. Sepertinya bukan nama YHVH yang Yesus sebutkan, mengingat nama itu adalah nama kudus dan tidak boleh diucapkan secara sembarangan/sia-sia (Kel. 20:7). Yesus merupakan bentuk Latin terjemahan Yunani atas kata Yesus atau Yehosua dalam bahasa Ibrani, yang berarti Keselamatan itu adalah Yehovah. Jadi, Yesus adalah bentuk lain dari YHVH. Sesungguhnya Yesus adalah sehakikat dengan Allah Bapa, namun beda pribadi. Olehkarena itulah Yesus juga dinamai sebagai Imanuel (Mat. 1:23). Imanuel adalah kata bahasa Ibrani yang artinya Allah bersama kita. Jadi, jelaslah bahwa nama yang dinyatakan sang Anak kepada dunia adalah Yesus! Nama ini sebelumnya telah dipesankan oleh malaikat Gabriel juga kepada Maria sewaktu ia akan mengandung bayi Yesus (Luk. 1:31).

2. YESUS adalah nama Allah Anak

Hal yang tidak perlu mendapat bantahan lagi adalah bahwa nama Anak adalah Yesus. Nama ini dimiliki bersama oleh Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. Nama tersebut diberitahukan malaikat Gabriel kepada Maria sebelum bayi Yesus dilahirkan (Luk. 1:31). Nama inilah yang mampu menyelamatkan manusia dari dosa (Kis. 4:12), yang membuat orang lumpuh berjalan (Kis. 3:6), yang mengusir setan/Iblis (Kis. 16:18), dsb. Sedemikian agunglah nama tritunggal tersebut, sang pencipta langit dan bumi.

3. YESUS adalah nama Allah Roh Kudus

Tritunggal yang Alkitabiah adalah tritunggal yang berarti hanya ada satu saja Allah, tetapi memiliki tiga pribadi, atau dalam istilah teologi sering disebut dengan konsep tritunggal personal. Tritunggal personal maksudnya adalah bahwa pribadi Allah ada tiga, tetapi tetap satu hakekat, yaitu hakekat ke-Allahan. Karena tritunggal yang Alkitabiah adalah yang personal, maka sudah barang tentu personalnya tersebut memiliki nama. Nama Bapa telah kita buktikan dari kitab PB adalah Yesus, dan nama Anak adalah Yesus, tetapi di manakah rujukan ayat yang menyebutkan nama pribadi ketiga tritunggal adalah Yesus?
Barangkali nama Roh Kuduslah yang paling jarang diketahui oleh kebanyakan orang Kristen, bahkan sangat mungkin ada orang yang berfikir bahwa Roh Kudus itulah nama-Nya! Tetapi, nama sesungguhnya bukanlah Roh Kudus, melainkan Yesus. Di dalam Yohanes 14:26 dikatakan “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku,Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” Jelaslah bahwa Roh Kudus datang dalam nama Yesus!

Semoga kebenaran ini semakin menguatkan iman Anda di dalam Tuhan Yesus Kristus. Maranatha!

Oleh: Ev. Marudut Tua Sianturi, S.T., M.Div
Untuk sharing dan diskusi Alkitab, hubungi: 0853 6065 3391
Sekretarian: Lumban Soit, Tarutung — Tapanuli Utara

Tinggalkan komentar