Akhirnya “Hachiko” dipertemukan dengan tuannya

Mungkin ada di antara para traveler yang sudah menonton film anjing setia Hachiko. Sebagai penghargaan, telah dibuat patung baru yang mempertemukan Hachiko dengan tuannya. Anda bisa melihat patungnya di Universitas Tokyo.

Hachiko merupakan anjing jenis Akita yang dimiliki oleh seorang Profesor Universitas Tokyo yang bernama Hidesaburo Ueno. Dilansir dari situs resmi Universitas Tokyo Fakultas Agrikultur, Rabu (6/5/2015) tahun 2015 merupakan peringatan 90 tahun meninggalnya Ueno dan 80 tahun meninggalnya Hachiko.

Bagi masyarakat Jepang dan Fakultas Agrikultur Universitas Tokyo, sosok Ueno telah memberikan banyak kontribusi semasa hidupnya. Ueno pun sempat mengajar di Fakuktas Agrikultur Universitas Tokyo selama 20 tahun. Faktanya, Ueno meninggal pada tahun 1925 saat tengah mengajar di kampus.

Namun tidak sedikit masyarakat yang lebih mengetahui kisah anjing setia Hachiko ketimbang tuannya, Ueno. Sosok Hachiko yang tengah menunggu tuannya pun sudah lebih dulu dabadikan dalam wujud patung di simpang Shibuya, sebagai simbol kesetiaan tiada akhir.

Adapun sebagai bentuk penghormatan, Fakultas Agrikultur Universitas Tokyo membuat sebuah patung yang memperlihatkan Hachiko dan Ueno bersama-sama. Patung yang mempertemukan pertemuan Hachiko dan Ueno itu sempat membuat masyarakat Jepang heboh dan gembira.

Akhirnya penantian Hachiko untuk bertemu tuannya tercapai sudah. Patung Hachiko dan Ueno itu pun dapat Anda jumpai di Fakultas Agrikultur Universitas Tokyo. Jika berkunjung ke Jepang, tidak ada salahnya untuk melihat patung Hachiko dan Ueno yang baru tersebut. Pasti terharu!

Disadur dari detik.com

Tinggalkan komentar