4 DOSA YANG TIDAK DAPAT DIAMPUNI

Alkitab mengatakan bahwa upah dosa ialah maut (Roma 6:23). Namun di bagian lain di dalam Alkitab disebutkan bahwa ada dosa yang mendatangkan maut dan yang tidak mendatangkan maut (1 Yohanes 5:16). Kedua statement Alkitab ini, tentulah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya, sebab Alkitab tidak bertentangan satu sama lain melainkan sebaliknya, yaitu saling melengkapi.

Berikut ini adalah beberapa jenis dosa yang menurut Alkitab tidak mendapat ampun, beberapa di antaranya tertulis secara eksplisit, sementara yang lainnya secara implisit (tersirat).

A. DOSA MENGHUJAT ROH KUDUS

Kategori ini merupakan yang paling tegas dicatat di dalam Alkitab. Di dalam Matius 12:32 dikatakan “Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.” Pernyataan serupa juga di catat di dalam Lukas 12:10.

Oleh karena itulah kategori ini disebut sebagai dosa yang tidak dapat diampuni.

(uraian lengkapnya masih sedang proses, yaitu mengenai: seperti apa dosa tersebut? masih berlakukah hingga sekarang? kepada siapa saja ditujukan? dll)

B. DOSA MURTAD

Kategori kedua yang dicatat di dalam Alkitab adalah dosa murtad. Dosa murtad ini artinya adalah apabila seseorang dulunya sudah pernah sungguh-sungguh bertobat dan percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juru selamatnya secara pribadi, tetapi akhirnya dia mulai meragukan imannya itu, hingga akhirnya menyangkal imannya. Kebenaran tentang kategori ini banyak tersebar di dalam Alkitab, bahkan ada juga tipologinya di dalam PL. (tentang tipologi dosa murtad di PL akan dibahas kemudian).

Di dalam kitab-kitab PB sendiri disebutkan bahwa:

  • 1 Korintus 15:2, orang yang menyangkal iman di istilahkan sebagai orang yang “telah sia-sia menjadi percaya.”
  • Ibrani 6:4-6, orang yang menyangkal iman diistilahkan sebagai orang yang “menyalibkan lagi Anak Allah.”
  • Ibrani 10:38, orang yang menyangkal iman diistilahkan sebagai orang yang “mengundurkan diri.”

Dengan demikian, setiap orang yang melakukan dosa ini, maka dia tidak akan diampuni lagi untuk kedua kalinya.

C. DOSA MENYANGKAL ANAK MANUSIA

Kategori ini kita temukan di dalam Matius 10:32-33, “Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga.”

Jadi, setiap orang yang menyangkal Yesus di hadapan manusia nantinya akan disangkal Allah Bapa. Ini menjelaskan kepada kita bahwa kategori dosa ini juga tidak akan mendapat ampun.

(pembahasan terkait masih sedang saya kerjakan tentang kasus penyangkalan Yesus oleh Rasul Petrus)

D. DOSA MALAIKAT

Secara eksplisit, tidak ada ayat Alkitab yang mengatakan bahwa dosa malaikat tidak dapat diampuni. Tetapi, kita bisa faham tentang kategori ini jika kita bandingkan dengan apa yang dikatakan oleh Rasul Paulus dalam suratnya kepada orang-orang Ibrani. Ibrani 2:14-17

“Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut; dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut. Sebab sesungguhnya, bukan malaikat-malaikat yang Ia kasihani, tetapi keturunan Abraham yang Ia kasihani. Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa.

Jadi, kematian Yesus di kayu salib hanyalah untuk menebus umat manusia. Penebusan tersebut sama sekali tidak pernah diaplikasikan kepada para malaikat. Sebagaimana firman Tuhan dengan tegas berkata bahwa …bukan malaikat-malaikat yang Ia kasihani,…

(juga akan saya susun artikel terkait yang lebih lengkap tentang topik yang keempat ini, sekaligus akan menjawab: dosa apa yang dilakukan malaikat? mengapa dosa malaikat malaikat tidak bisa diampuni?Apakah Allah menciptakan Iblis? dll)

Semoga informasi singkat ini memberikan sedikit “suntikan” bagi kita untuk menumbuhkan semangat belajar firman Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati.

5 tanggapan untuk “4 DOSA YANG TIDAK DAPAT DIAMPUNI

  1. Mau nanya pak:
    1. Kalau di poin satu kan dosa yg tdk dapat diampuni yaitu menghujat Roh Kudus. Matius 12:32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.
    Di situ dikatakan menentang Anak Manusia ia akan diampuni. Tapi menenntang Roh Kudus tidak. Lalu kenapa di poin tiga yaitu menyangkal Tuhan itu tdk diampuni. Padahal di poin satu kan dikatakan menentang Anak Manusia blh diampuni.
    2. Bukankah Tuhan Yesus sudah menghapuskan semua dosa kita. Lalu kenapa masih ada dosa yg tidak dapat diampuni?
    Cuma nanya. Makasih. GBU

    Suka

    1. Salam kenal dan salam kasih dlm Kristus sdr. Zya.

      Pertama, sya akan jawab poin 2.
      Tuhan Yesus memang sudah menebus manusia dari perbudakan dosa. Jadi, ketika manusia sudah membuat pengakuan bahwa dirinya adalah orang berdosa, kemudian menyesali dosa-dosa itu, dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya maka semua dosa-dosanya, pada saat itu telah dihapuskan.
      Namun, setelah manusia diselamatkan, manusia itu (kita) masih menjalani kehidupan di dunia ini, yg mana saat menjalani kehidupan di dunia ini masih bisa jatuh ke dalam dosa. Fakta ini jelas dinyatakan di surat 1 Yoh. 1:8-10. Fakta lainnya juga yg tak bisa diabaikan adalah bahwa ada dua jenis dosa yg tercatatt di surat 1 Yoh. 5:16-17, yaitu dosa yg tidak mendatangkan maut dan dosa yang mendatangkan maut. Nah, apa-apa saja dosa itu? Selanjutnya sy akan jawab poin 1 pertanyaan Anda.

      Dosa yg tak dapat diampuni (yg mendatangkan maut) itu adalah (1) dosa malaikat (2) dosa menghujat Roh Kudus (3) Dosa murtad (4) dosa karena merasa malu mengaku Yesus.

      Dosa karena merasa malu itu adalah apabila orang-orang percaya saat itu, yg telah merasakan pelayanan Yesus ketika di bumi, namun malu mengakui Yesus sebagai Tuhan mereka, walaupun Yesus sudah bangkit dari kematian maka dosa itu (merasa malu mengakui) maka Anak Manusia pun akan malu mengakui mereka di hadapan Bapa.
      Rasul Paulus menyingkapkan situasi saat itu dgn pernyataan”1 Korintus 1:18, 21-23 (TB) Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.
      Oleh karena dunia, dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberitaan Injil.
      Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat,
      tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan,

      Memberitakan Injil Kristus adalah kebodohan saat itu, sebab Yesus, yg dipercayai sebagai Tuhan dan Juruselamat dan Raja, malah mati. Tetapi, org Kristen sejati tahu bahwa kematian Yesus memiliki misi yg jelas, yakni untuk menebus manusia dari dosa.

      Nah… Kalau org percaya saat itu, dan juga rasul2 masih malu2 mengakui Kristus, maka mereka tak akan diakui Kristus juga.

      Horas,
      Salam kasih dalam Kriatua

      Suka

  2. Syalom,
    maaf menurut Saya Anda masih belum memberikan jawaban kepada Zya. Dan menurut Saya, untuk zaman Kasih Karunia tidak ada lagi yang namanya dosa tak terampuni!

    Suka

  3. Salam sdr Hamano,
    Saya sdh menjawab. Tapi mungkin, menurut Anda jawaban saya tdk seperti yg Anda harapkan.

    Kedua, kita mmg hidup di zaman kasih karunia, tapi itu tdka menghilangkan fakta adanya dosa yg mendatangkan maut atau dosa yg tdk mendatangkan maut. Surat 1 Yohanes sudah menunjukkannya.

    Jadi, kalau Anda yakin tdk ada dosa yg mendatangkan maut, maka berikanlah dalil Alkitabnya.

    Salam,
    Horas.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s